20 Mei 2009

Sebuah Eksperimen, atau yang lebih pantas disebut vcvnsonxjhasapqpowh!? (baca: bodoh)

Kemaren hari minggu pas ada Nasa.Com Burglar, gue pergi naik motor ke senayan. Gue berangkat dari hoek bareng yang lain, rame-rame. Gue berniat ngisi bensin dulu, karena yang lain juga pada setop di pom bensin. Padahal masih banyak bensinnya, yaudah gue isi aja, sampe tumpah, luber. Gue catet kilometernya pas itu.

Nah itu dia. Gue emang lagi pengen bikin eksperimen, sebuah riset yg gue lakukan supaya gue tau satu tangki bensin motor gue itu bisa buat berapa kilometer.

EKSPERIMEN #030781

Nama Proyek: Proyek Abang Ojek
Pelaksanaan: 17 Mei 2009 - 20 Mei 2009
Hipotesis: Satu tengki bensin Vario bisa buat 100 kilometer.

Kurang lebih gitu lah eksperimennya. Gue sengaja engga ngisi bensin sampe tadi, sampe bensinnya abis. Supaya gue tau berapa kilometer tuh satu tengki bensin bisa buat jalan. Pas abis ngisi bensin tadi, gue catet kilometernya.

DATA EKSPERIMEN #030781*1

Kilometer awal: 16016.2 KM

Oke, gue jalan deh tuh. Selama 4 hari, perjalanan gue itu:

Hoek - Senayan - Rumah - Sekolah - Rumah Ami - Rumah - Sekolah - Rumah Ami - Rumah - Sekolah - ....

Nah itu dia, perjalanan terakhirnya yang gue malesin. Kenapa gue titik-titikin? Karena emang perjalanan terakhir itu ga sampe tujuan. Baru setengah jalan, eh, MATI. Bensin udah abis. Oh shit. Mana rumah masih jauh banget, pom bensin gatau dimana, bensin eceran ga ada. Terpaksa, Gue Dorong Sekuat Tenaga. Kampret. Udah tadi pagi gue olah raga, sekarang pulang sekolah harus olah raga lagi dorong motor. Cekcek dah. Pegel kaki gua. Gue dorong sama si Rai sampe kira-kira 1,2 kilometer. Wah kan. Hebat. Kasih tepuk tangan dong buat gue. Jauh itu kan. Tapi sebelom gue dorong, gue catet dulu kilometernya:

DATA EKSPERIMEN #030781*2

Kilometer akhir: 16140.2


Yea, akhirnya sampe juga di pom bensin. Gue isi bensinnya sampe penuh juga disana. Gue catet juga berapa liter bensin yang masuk, sama harganya:

DATA EKSPERIMEN #030781*3

Volume tengki: 3.619 Liter
Harga dalam rupiah (premium): Rp 16,289

Setelah gue dapet semua, gue olah datanya deh. Dan ternyata motor gue bisa:

KALKULASI DATA EKSPERIMEN #030781

Kilometer Awal: 16016.2
Kilometer Akhir: 16140.2
Total Kilometer yang ditempuh: 124 Kilometer

Volume Tangki: 3.619
Rasio 1 Liter Bensin: 1 : 34.263 Kilometer ~ 1 : 35

Hipotesis Satu tengki bensin Vario bisa buat 100 kilometer diterima.

Eksperimen selesai, dan gue tetep harus dorong tuh motor sampe pom bensin. Sebuah pengorbanan untuk melakukan Sebuah Eksperimen, atau yang lebih pantas disebut vcvnsonxjhasapqpowh!? (baca: bodoh), karena sebenarnya tanpa eksperimenpun gue bisa tau rasionya, hanya dengan melihat Buku Petunjuk Penggunaan.

2 komentar: